|

Generasi Millenials Dalam Mengunakan Mobile Banking Pada Bank Syariah

Penulis: Rahmad Olo Martua Siregar

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Kamis, (13/08-2020) - “Mobile banking adalah sebuah layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagi fitur yang ada pada ponsel pintar (smartphone) dengan mengunakan layanan Internet.

Selintas layanan mobile banking ini serupa dengan layanan sms banking, namun pada kenyataannya mobile banking memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan sms banking.” Layanan Mobile Baking, memungkinkan masyaratak  terutama bagi generasi millenials untuk melakukan transaksi perbankan melalui media jaringan komputer global yaitu Internet.

Mobile Banking adalah layanan yang ditawarkan perankan berupa non cash melalui sambungan internet yang dapa diakses melalui Smartphone, Laptop dan personal komputer. Salah satu golongan nasabah yang harus di perhatikan oleh pihak bank dalam penggunaan mobile banking adalah mahasiswa.

Beberapa keuntungan dalam menggunakan mobile banking adalah:

1. Bisa multi transaksi keuangan
2. Hemat Biaya ( tidak dikenakan biaya sms )
3. Praktis dan mudah digunnakan
4. Transaksi menggunakan jalur internet yang kebanyakan generas milenials sudah   mempuyai nya.

“Kemudahan sebagai tingkat dimana seseorang meyakini bahwa penggunaa sistem informasi bagi generas millenials adalah mudah dan sudah dimiliki generasi millenials sekarang dan tidak memerlukan usaha keras dari pemakainya untuk melakukanya” Bedasarkan penjelasan diatas dapat diketahui bahwa kemudahan penggunaan  ini juga nerupakan suatu kepercayaan tentang pross pengambilan keputusan .jka seseorang percaya bahwa sistem informasi tersebut mudah digunnakan maka orang tersebut aka berniat menggunakannya.

Hal inilah yang mendorong perbankan untuk mengembangkan aplikasi mobile banking untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Apalagi tren penggunaan aplikasi mobile banking di Indonesia meningkat tajam.

Apalagi Indonesia akan mendapat bonus demografi dimana generasi ini sudah terbiasa akan perangkat mobile. Kemudahan penggunaan mobile banking memiliki makna bahwa layanan mobile banking oleh pihak bank akan mudah dipahami dan mudah untuk digunakan, sehingga nasabah dapat dengan mudah mempelajari tata cara bertransaksi menggunakan m-banking.

Penerimaan penggunaan sebuah sistem juga turut dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan sistem tersebut. Ini merupakan reaeksi psikologis pengguna untuk lebih bersikap terbuka terhadap sesuatu yang mudah dipahami. Kemudahan tersebut dapat mendorong seseorang untuk menerima dan menggunakan sebuah sistem.

Mereka beranggapan bahwa penggunaan mobile banking sekarang sudah mudah karena teknologi sudah semakin berkembang dari tahun ke tahun, mereka merasa bahwa mobile banking mudah untuk digunakan. Mudah atau tidaknya sistem mobile banking digunakan, tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan layanan mobile banking ataupun tidak menggunakan.(***)

IDENTITAS PENULIS
Nama: Rahmad Olo Martua Siregar
Jurusan: Perbankan Syariah, FEBI, UINSU
Kelompok 38 KKN-DR UINSU

Komentar

Berita Terkini