|

Berita Heboh Kemunculan Harimau Sumatera Di Pelalawan - Ternyata HOAX.

Foto: syawal alias syawaludin penyebar hoax yang meresahkan warga


OBOR KEADILAN.COM | Pekanbaru - Riau | Kamis, 27 / 02 / 2020 | Tim Balai Besar KSDA Riau melakukan mitigasi konflik tentang pemberitaan kemunculan Satwa Harimau Sumatera di Kab. Pelalawan. Termasuk di PT. Surya Bratasena Plantation (SBP), bersama jajaran PT. SBP, Kanit Intelkam Polsek Pangkalan Kuras, anggota korem 04 Pangkalan Kuras, dan masyarakat yang mengaku melihat satwa Harimau Sumatera.
Saat cek lokasi dilakukan terhadap pengakuan perjumpaan, warga a.n Syawal memang ditemukan jejak, namun menurut analisa tim mitigasi jejak tersebut palsu, karena tidak lazim (jari depan berjumlah 5 dan telapak kaki lebar dengan ukuran p : 19 cm dan l : 18 cm). Foto penampakan Harimau Sumatera yang ditunjukkan yang bersangkutan diketahui merupakan editan dari video penampakan Harimau Sumatera di TN Zamrud. Setelah diinterogasi di kantor Polsek Pangkalan Kuras akhirnya yang bersangkutan mengakui bahwa informasi yang disampaikan adalah berita bohong (hoax).

Video Syawal alias syawaludin penyebar hoax yang meresahkan warga.
Dilanjutkan cek lokasi terhadap laporan temuan jejak oleh karyawan PT SBP yang diduga jejak Harimau Sumatera. Di lokasi ini tim menemukan jejak berukuran p : 5 cm, l : 4cm. Menurut analisa tim, jejak tersebut diduga kuat bukan jejak Harimau Sumatera namun jejak satwa mamalia kecil sejenis kucing hutan ataupun Macan akar. Di lokasi lainnya terdapat jejak satwa berukuran p : 6 cm, l : 5cm). Menurut analisa tim, jejak tersebut lebih mengarah pada jejak Anjing ( jejak jari ada kukunya dan ukuran jejak relatif kecil). Cek lokasi terhadap informasi dari warga yang berkebun berbatasan dengan areal PT. SBP (a.n Suwarno) yang mengaku berjumpa langsung dengan satwa diduga HS. Di lokasi ini tim meminta yang bersangkutan menceriterakan kejadian yang dialaminya. Menurut pengakuan yang bersangkutan melihat adanya seekor satwa sebesar anjing (tinggi 30 cm dan berbadan dan berekor panjang) dengan 3 anaknya yang berukuran sebesar kucing dewasa. Warna satwa tersebut kuning kecoklatan dan totol2 hitam (bukan garis belang2). Di lokasi ini tim menemukan jejak berukuran p : 6 cm, l : 5 cm) berdasarkan analisa, jejak mengarah pada jejak Macan dahan, dan Saat ini, penyebar berita hoax sdr. Syawal ditangani Polsek Pangkalan Kuras. (*)

Ricky. P / Kaperwil Riau
Komentar

Berita Terkini