HEADLINE

Pendidikan Seks bagi Siswa Sekolah Menengah Atas

/

Redaksi / Jumat, 03 Mei 2019 / 19:52 WIB

Sebarkan:
Gambar Ilustrasi

Oleh : Khairunnisa

Jakarta | Kamis [2 Mei 2019] Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendidikan berarti proses pengubahan tingkah laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik. Tujuan saya menulis esai ini adalah untuk memaparkan tentang pendidikan seks yang efektif bagi para siswa Sekolah Menengah Atas. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memberikan penjelasan tentang pendidikan seks kepada siswa Sekolah Menengah Atas. Esai ini akan menjelaskan pentingnya pendidikan seks dan cara manjur untuk menjelaskan tentang pendidikan seks.
   
Pendidikan seks adalah pendidikan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang seks, fungsi biologis kelamin, kehamilan, dan sebagainya. Ada beberapa hal yang menjadikan pendidikan seks ini penting bagi pelajar, khusunya Sekolah Menengah Atas. Yang pertama, biasanya di masa ini, mereka lebih giat lagi untuk mencari jati dirinya. Jadi, agar tidak terjebak dalam pergaulan yang salah, pendidikan seks yang benar sangat diperlukan. Yang kedua, mereka akan lebih mengerti akan tubuh mereka sendiri. Jadi, mereka tak perlu menemukan informasi dari sumber yang salah.

Pendidikan seks merupakan tantangan bagi para pendidik. Karena, hal itu masih dianggap tabu di masyarakat. Namun, sebenarnya, pendidikan seks dapat menjadi sangat bermanfaat jika dapat dipaparkan dengan baik. Cara-cara untuk memaparkan pendidikan seks dengan baik di antaranya : Pendidik harus benar-benar paham akan materi yang dijelaskannya. Sebagai contoh, jika ia menjelaskan tentang kehamilan, maka ia harus menjelaskan tentang proses kehamilan, tantangan sang ibu dalam kehamilan, dan bahaya kehamilan bagi remaja. Ia juga harus mampu menjawab dengan baik pertanyaan yang timbul dari para siswa. Cara yang kedua, para pendidik harus tegas dalam mengajar. Karena, hal ini memang biasanya dianggap lucu oleh para pelajar. Dengan tegas dan jelasnya materi yang dipaparkan, pendidikan seks akan menjadi manjur bagi para pelajar.

Benar jika dikatakan bahwa pendidikan seks itu harus dipaparkan secara efektif agar bermanfaat bagi pelajar. Dengan pengajaran yang seru dan baik, tujuan para pendidik untuk melahirkan generasi yang sehat tanpa pernah terjerumus dalam lingkungan yang salah dapat terlaksana. Sekarang, tugas kita sebagai calon pendidik untuk memahami lebih jauh akan pendidikan seks.

Penulis adalah mahasiswa PBI UINSU semester II

Penanggung Jawab Berita :Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082230993121

KOMENTAR
TERKINI