HEADLINE

Orang Tua Guru Utama Bagi Anak

/

Redaksi / Jumat, 03 Mei 2019 / 20:20 WIB

Sebarkan:


Oborkeadilan.com | Medan |  [03 Mei 2019] "Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah”
-Ki Hajar Dewantara-
Merujuk pada kutipan diatas, pendidikan merupakan suatu hal yang dimulai dari rumah dan setiap orang adalah tenanga pengajar tidak hanya mereka yang memberikan ilmu di sekolah yang disebut dengan guru, tetapi semua orang yang memberikan pengajaran, pemahaman ataupun pencerahan terhadap suatu hal meskipun hanya sedikit. Bahkan, orang tua juga adalah guru pertama bagi seorang anak.

Pendidikan tidak hanya di sekolah tetapi pendidikan yang sebenarnya adalah pendidikan yang didapatkan dirumah, dari orang tua. Pendidikan di sekolah bisa dikatakan itu hanya sebagai pelengkap yang kita sebut dengan pendidikan formal dibuktikan dengan adanya ijazah yang menjembatani kita untuk berjalan menuju masa depan, untuk melanjutkan sekolah.

Percaya atau tidak seseorang tidak dilihat dari seberapa besar nilai akademik yang di dapatkan, tetapi sebagus apa karakter dan etika yang dimiliki. Untuk mendapatkan karakter dan etika yang bagus maka, harus bagus pulalah pendidikan karakter yang didapatkan. Jika, seseorang terbentuk dari keluarga yang tidak harmonis dan orang tua yang sibuk bekerja dan dia hanya mendepatkan pendidikan dari sekolah saja secara otomatis kepribadiannya tidak sebagus anak yang tumbuh dengan keluarga yang harmonis.

Oleh karena itu, dikarenakan pendidikan karakter itu penting dan nilai akademik hanya sebagai nilai tambah. Maka, orang tua harus ikut serta menempa atau membentuk karakter seorang anak agar anak dapat berperilaku sesuai dengan norma. Orang tua juga seharusnya tidak lepas tangan jika anaknya sudah memasuki dunia pendidikan formal, tetapi orang tua harus tetap memperhatikan anak demi terbentuknya karakter yang berkualitas.

Penulis : Rizky Heriyanti adalah mahasiswi PBI UINSU semester II

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan


Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082230993121

KOMENTAR
TERKINI