HEADLINE

Andika Sakai Caleg DPRD Bengkalis Dukung Kriminalisasi Pers Di Riau

/

Redaksi / Senin, 24 September 2018 / 14:40 WIB

Sebarkan:
Ket Gambar : Demo Tuntut TR Di Depan PN Pekan Baru Agar Segera Ditahan Dengan Mengatasnamakan dari kalangan mahasiswa dan masyarakat Bengkalis Yang Di Pimpin Oleh Andika Sakai Caleg DPRD Bengkalis. 

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | PEKANBARU [ 24 September 2019 ] - Sosok seorang Calon Legislatif 2019 dapat menjadi harapan keterwakilan masyarakat maupun Insan Pers, ketika ia terpilih menjadi Anggota DPRD.

Namun bagaimana jika seorang Caleg malah melakukan keterbalikan tidak membela adanya Kriminalisasi  yang terjadi terhadap Pers, sehingga sosok Caleg ini menjadi sorotan tajam di kalangan masyarakat Riau maupun Insan Pers.

Itulah yang dilakukan oleh Andika Putra Kenedi atau yang di kenal dengan sebutan Andika Sakai, " Dirinya adalah seorang Caleg DPRD Kabupaten Bengkalis dengan menyandang salah satu Partai ternama di Indonesia.

Namun sangat disayangkan ternyata Andika ini malah mendukung dan bahkan menjadi Pemimpin Langsung Aksi Demo Pada Kamis (20/09/2018) Lalu di Depan Pengadilan Negeri Pekanbaru.

Pada aksi tersebut, Andika Sakai bersama beberapa massa dengan mengatasnamakan dari kalangan mahasiswa dan masyarakat Bengkalis ini, dengan suaranya yang lantang, Andika Sakai sangat mendukung pelaporan Bupati Bengkalis terhadap Toro selaku Pemimpin Redaksi Media Harianbrantas.co.id yang di proses oleh Oknum Petugas Polda Riau dengan Jeratan UU ITE.

Tidak itu saja, pada saat puluhan massa ini melaksanakan aksi demonstrasi di depan Pengadilan Negeri pada Kamis (20/9/2018) sekitar pukul 10.15 WIB, ia juga meminta kepada majelis hakim PN pekanbaru untuk segera menahan terdakwa Toro yang kini dalam proses persidangan.

Dan pada saat aksi tersebut, Andika Sakai juga menyuarakan bentuk kecaman terhadap aksi sejumlah massa yang mengatasnamakan sebagai Solidaritas Insan Pers. Yang mana pada Kamis (13/9/2018) lalu, Andika Sakai menuding kelompok massa Solidaritas Insan Pers ini diduga telah melakukan intervensi kepada saksi, sehingga terjadi kericuhan dan videonya sempat viral di media sosial.

Dan pada Aksi tersebut, Andika Sakai dari Aliansi Pemuda Sakai Bengkalis yang merupakan Caleg DPRD ini, bersama rekannya Hengki Saputra yang merupakan Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Bengkalis (IPMKB), meminta kepada penegak hukum agar tidak mudah diintervensi oleh pihak manapun. Selain itu mendukung kepada pihak kepolisian untuk memberantas berita-berita hoax yang sangat menyusahkan.

Dalam orasi yang dipimpin Andika Sakai ini, menyuarakan bahwa terdakwa TR dianggap sangat meresahkan warga Bengkalis. Yang mana menurut mereka, saudara TR saat menjalankan aktifitasnya selaku LSM dan wartawan diluar batas yang kerap menciptakan kegaduhan.

Bahkan Andika Sakai menuding terdakwa TR telah melakukan mobilisasi massa untuk menekan pengadilan dan mengintervensi saksi seperti mana yang sudah kita lihat di video di medsos.

Menanggapi Pernyataan Andika Sakai saat melakukan Orasi Di PN Pekan Baru, membuat para Insan Pers yang tergabung dalam Aksi Solidaritas Pers merasa Geram.

Para Awak Media menilai apa yang dikatakan oleh Andika Sakai Caleg DPRD Kabupaten Bengkalis ini, adalah suatu bentuk ia mendukung Bupati Bengkalis untuk melakukan Kriminalisasi Pers, dan ia terkesan sangat membela sang Koruptor.

Terkait hal ini, awak media mencoba konfirmasi kepada Andika Sakai atas apa yang disampaikan dalam orasinya tersebut.

Namun beberapa pertanyaan awak media kepada Andika Sakai Caleg DPRD Bengkalis, melalui Via WatsAppnya pada (24/09/2018), sepertinya Andika Sakai enggan untuk berkomentar, sebab ia hanya membalas,"Aku fikir, tak perlulah aku jawab." balas Andika via Whatsappnya.

Adanya Statement Andika Sakai selaku seorang Caleg DPRD Bengkalis tersebut, ditanggapi oleh Toro.

"Jika seorang Caleg DPRD mendukung adanya Kriminalisasi Pers yang dilakukan Bupati Bengkalis terhadap saya, maka saya pastikan, ketika Andika Sakai menjabat DPRD Bengkalis nantinya, ketika ia diberitakan miring oleh rekan Pers. Maka ia akan melakukan hal yang sama, seperti yang dilakukan Bupati Bengkalis tersebut," ungkap Toro kepada ratusan awak media.

"Ya, ucapan saya ini coba rekan-rekan telaah saja ," Belum ia duduk sebagai Anggota DPRD saja, ia sudah mendukung Kriminalisasi Pers, nah bagaimana jika ia duduk." tegas Toro. (Tim)

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI