HEADLINE

Positif dan Menginspirasi, Inilah Kegiatan KKN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di Cikutamahi Kota Bogor

/

Redaksi / Minggu, 12 Agustus 2018 / 13:33 WIB

Sebarkan:
Penulis : Zeyn Ar-Rahman

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | BOGOR | ( Minggu 12/08 ) , Di antara kelompok kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta adalah kelompok KKN di daerah cikutamahi, Bogor. Kegiatan yg dilakukan oleh anggota kelompok KKN tersebut bisa dikatakan begitu menginspirasi dan banyak mendatangkan manfaat terutama untuk masyarakat desa.

Berasal dari konsentrasi dan minat belajar yang beragam, anggota kelompok KKN ini mencoba untuk menerapkan ilmu dan kemampuan yang mereka dapatkan di bangku kuliah dalam masyarakat desa cikutamahi. Seolah paham dengan kondisi desa, mereka memanfaatkan kemampuan mereka untuk membenahi desa dan memberdayakan masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari pemuda desa, siswa, aparat desa sampai lansia.

Selama kegiatan KKN yang telah berlangsung kurang lebih satu Minggu, banyak kegiatan yang dilakukan di antaranya adalah kegiatan rutin membersihkan desa. Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk mulai mencintai dan merawat lingkungan desa agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat, meminimalisir terjangkirnya penyakit yang diakibatkan oleh lingkungan yang kotor.

Tidak hanya memperhatikan kebersihan lingkungan, program lain dari kelompok ini adalah Bhakti pendidikan dimana anggota kelompok KKN ini secara langsung mengimplementasikan ilmu pengetahuannya kepada siswa. Hal ini mendapat antusias yang baik dari siswa  dan pihak sekolah. Pasalnya, banyak siswa yang termotivasi dengan kehadiran mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini terasa penting karena mengingat tingkat pendidikan rata2 penduduk desa cikutamahi hanya sampai SMP. Dengan kehadiran anggota KKN, siswa menjadi termotivasi untuk terus belajar dan melanjutkan pendidikan.

Kegiatan lain yang cukup mendapat sambutan positif dari masyarakat adalah bazar murah. Kegiatan ini memfokuskan pada penyediaan kebutuhan masyarakat dengan harga yang lebih rendah. Hal ini sontak saja membuat masyarakat menjadi senang, pasalnya dengan pendapatan yang tak banyak, masyarakat menjadi terbantu untuk memenuhi kebutuhan dengan adanya program ini.
"Ya kami senang dengan adanya kegiatan ini, masyarakat terbantu untuk memenuhi kebutuhan, intinya semua pihak merasakan manfaat kegiatan bazar oleh KKN berpacu ini." Ucap Ulis jaya. Menurut Ulis, kegiatan yg berlangsung tanggal 25 Juli tersebut diharapkan bisa dilakukan pula oleh pemerintah desa nantinya sehingga kegiatan tersebut tidak terlaksana hanya ketika masa KKN mengingat manfaat kegiatan tersebut sangat besar bagi masyarakat.

Meski masih terbilang baru satu Minggu berada di desa cikutamahi, akan tetapi anggota KKN sudah mampu berbaur dengan masyarakat dan menerapkan ilmu pengetahuannya guna cikutamahi yang lebih maju. Kegiatan mereka sangat menginspirasi dan bernilai positif bagi lingkungan.

"Senang ya, ada mereka di sini sangat membantu, anak anak jadi senang, Semangat belajar karena caranya juga kreatif gitu." Ungkap salah satu warga desa cikutamahi saat diwawancara pada Kamis (2/8/18). Bahkan menurut beberapa warga, mereka berharap kegiatan KKN ini bisa berlangsung lebih lama sehingga anggota kelompok KKN bisa memberikan manfaat lebih banyak lagi. "Ya kalau bisa sampai tahun 2020 tidak masalah" ungkap warga sambil diselingi tawa (2/8/18).
Selain itu, peserta KKN juga melaksanakan kegiatan menyambut hari kemerdekaan. Kegiatan tersebut diantaranya adalah semarak pawai yang di lombakan antar desa oleh kecamatan Cariu. Respon masyarakat lagi-lagi sangat antusias terhadap kegiatan tersebut. Pawai yang diadakan pada Sabtu (11/8/18) itu diikuti oleh seluruh desa yang berada di kecamatan Cariu termasuk desa Cikutamahi. Kami KKN Berpacu menjadi power yang sangat penting perannya dalam keikut sertaan semarak menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke 73. "Senang sekali ya, seru banget atuh pawainya. Sangat menghibur." Kata salah satu penonton pawai pada (11/8/18). Dengan kegiatan-kegiatan tersebut, KKN berpacu di Cikutamahi semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat dengan kegiatan yang positif, menginspirasi, juga menghibur. [ rilis ]

Oleh : Zeyn Ar-Rahman
Ketua pelaksana lomba 17 Agustus desa Cikutamahi Bogor

Editor : Yuni
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI