HEADLINE

Penuhi Janji Tuntut Kepala BLP Mundur, Format Demo Pemkab.Pasuruan

/

Redaksi / Kamis, 26 Juli 2018 / 16:52 WIB

Sebarkan:

Ket Gambar : Orasi oleh Format kabupaten Pasuruan di depan kantor Pemkab.


Pasuruan |  Media Nasional Obor Keadilan | Forum Rembug Masyarakat Timur, FORMAT Pasuruan merealisasikan ancamannya untuk unjuk rasa menuntut mundur kepala Badan Layanan Pengadaan kabupaten Pasuruan (26-07-2018). 
            
Seperti diketahui beberapa waktu lalu ramai di media terkait isu suap pengkondisian lelang SPAM Umbulan yang diduga melibatkan beberapa LSM di kabupaten Pasuruan oleh pihak BULP. Ismail Makky , ketua LSM Format  melalui surat pemberitahuan unjuk rasa ke polres kota Pasuruan beberapa waktu lalu terkait dugaan Badan Layanan Pengadaan, BLP  kabupaten Pasuruan yang nilai tidak independen dan cenderung memihak pada salah satu jasa pengadaan atau rekanan tertentu sehingga ada semacam pengkondisian yang memenangkan 3 pemenang lelang proyek tersebut akhirnya benar benar merealisasikan ancamannya berdemo di depan kantor pemerintah kabupaten Pasuruan.
           
Ket Gambar : Ismail Makky menyampaikan beberapa tuntutanya diruang SPK Polresta pasuruan. 

Aksi  Demonstrasi ini dimulai sejak pukul 09.00wib didepan pintu masuk lokasi perkantoran pemerintah kabupaten Pasuruan dengan peserta sekitar 100 orang.tak berselang lama sekitar 1 jam pihak pemerintah kabupaten mempersilahkan perwakilan para Demonstran agar masuk dan berdiskusi di ruangan Sekda kabupaten Pasuruan. Dari unsur pemerintah daerah dihadiri Sekda, Anang Saiful W. yang sekaligus memimpin alur diskusi , Heru Widiyanto. Kepala BLP , Zainuddin. Kesbangpolinmas, Hary Aprianto. Dinas PU Bina marga, Misbah Zunib. PU Cipta karya, satpol PP serta Polres kota Pasuruan .
            
Dalam diskusi tersebut Ismail Makky selaku ketua LSM. FORMAT menyampaikan beberapa pernyataan  sikapnya antara lain , Meminta Polres kota Pasuruan segera melakukan tindakan dan upaya hukum terhadap pemberitaan salah satu media online tanggal 19 Juli 2018 yang dianggap mengganggu dan meresahkan masyarakat kabupaten Pasuruan, Meminta Badan layanan pengadaan kabupaten Pasuruan segera membatalkan pemenang proyek SPAM Offtake Umbulan, meminta kepala Badan layanan pengadaan. Ir.Heru Widianto segera mengundurkan diri dari jabatannya terkait dengan dugaan pengkondisian paket proyek pembangunan SPAM Offtake Umbulan tahun 2018, Meminta pada kejaksaan negeri kabupaten Pasuruan untuk segera melakukan evaluasi dan penyidikan terhadap dugaan pengkondisian proyek yang telah dilakukan oleh Badan layanan pangadaan (BLP) Pemerintah kabupaten Pasuruan yang melibatkan Dinas PU Bina marga, Dinas perumahan dan kawasan permukiman, Dinas perindustrian dan perdagangan, Dinas pendidikan, Dinas PU Sumberdaya air dan tata ruang , serta Dinas kesehatan.
              
Ket Gambar : Perwakilan demonstran di terima diruang rapat sekretariat daerah. 

Sementara Heru Widiyanto selaku kepala Badan layanan pengadaan pemerintah kabupaten Pasuruan dalam diskusi tersebut menanggapi tuntutan yang disampaikan oleh FORMAT, Menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan proses lelang sesuai dengan mekanisme dan aturan yang sudah semestinya dilalui serta sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku." Setiap Pokja husus sebelum lelang dimulai mesti saya kumpulkan dan saya sampaikan agar benar benar berkomitmen melakukan proses lelang sesuai dengan aturan yang ada serta tidak boleh ada komunikasi antara masing masing Pokja dengan pihak pihak penyedia jasa. Tegasnya, Heru juga menyampaikan agar benar benar mencermati RPP, Rencana pelaksanaan pengadaan  Jika ada dokumen yang dirasa kurang segera dilengkapi serta masing masing Pokja melakukan tahapan tahapan yang sesuai .
            
Diskusi berjalan tertib dan lancar yang selanjutnya Makki selaku ketua Forum masyarakat timur kabupaten Pasuruan bersama rombongan menuju polres kota Pasuruan menemui SPK Polresta menyampaikan berkas yang memuat  beberapa tuntutan sesuai yang disampaikan dalam forum diskusi bersama pemerintah di ruang sekretariat daerah kabupaten Pasuruan.(Zainal)


Editor : Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan


Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI