|

Dinas Peternakan Inhu Akan Gulirkan Bibit Pertanian, Perikanan Dan Ternak Sapi

Ket Gambar : Ir.Hardiman "Kabid Peternakan.

Rengat-Pekanbaru |  Media Nasional Obor Keadilan|Perluasan lahan persawahan disertai dengan peningkatan sarana dan prasarana, menjadi upaya yang ingin terus didorong pemerintah, termasuk pengembangan Ternak Sapi yang khususnya untuk wilayah Kabupaten Indragiri Hulu guna wujud peningkatan hasil komoditi.


Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Indragiri Hulu, melalui Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, akhir ini telah mendistribusikan berbagai bantuan yang bersumber APBN, APBD Provinsi dan Kabupaten Tahun 2018 pada sejumlah kelompok tani berupa bibit benih padi dan pupuk.


Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Indragiri Hulu Paino. SP mengatakan melalui Kabid Tanaman Pangan & Hortikultura Yasma Indra.SP mengatakan, untuk APBN yang melewati Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, ada benih padi jenis R.42 untuk bibit persawahan seluas 215.78 hektar dari bantuan pusat yang telah di distribusikan langsung pada kelompok tani untuk daerah persawahan di wilayah Kecamatan Peranap, Rakit Kulim dan Kelayang sekitar 5 ton lebih.

Persawahan daerah Desa Barangan, Rantau Bakung dan Redang Kecamatan Rengat Barat, juga kelompok tani DI disana telah di kucurkan asb padi sekaligus pupuknya untuk seluas 85 hektar, anggaran ini melalui bantuan APBD Provinsi Riau Tahun 2018 yang bertujuan untuk menunjang ekonomi serta persawahan mereka tetap produktif.

Dan untuk APBD Provinsi Tahun 2018 ini lanjutnya’ melewati Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura juga mendapat bantuan berupa bibit untuk pengembangan tanaman Cabe seluas 2 hektar, dan arealnya terletak di wilayah Desa Pulau Gelang.sebutnya sabtu, (22/7).

Lanjut Yasma Indra’ melalui APBD Kab.Inhu juga berupa benih padi untuk bibit yang sekaligus pupuk juga ada kelompok tani persawahan di bantu seluas 100 hektar, dan letak sawahnya diwilayah Kecamatan Kelayang. Akan tetapi, jika kelompok masih ada ingin membutuhkan bibit benih, pihak dinas tetap mengakomodir dan membina mereka bagi kelompok tani yang tetap semangat.”singkatnya.

Pada Dinas Pertanian dan Perikanan Kab Inhu melalui Kabid Peternakan Ir.Ardiman’ ada 90 proposal kelompok Tani Peternak sedang di usulkan kedepan. Sebab, untuk Tahun 2018 ini melalui APBD Provinsi Riau, hanya mendapat bantuan 195 ekor  Sapi, dan Sapi ini akan di bagikan pada 13 kelompok yang terletak di wilayah Kecamatan Seberida, Batang Cenaku, Lubuk Batu Jaya, Kelayang dan termasuk Rengat Barat. Sedangkan Pusat dapat membantu, hanya 50 ekor ternak Sapi saja yang rencananya akan dilokasikan pada sekitar wilayah sentral Benih Bibit Ikat ( BBI ) daerah Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida.

Selain peternak pada kelompok yang ada ternaknya lanjut Ardiman’ nanti melalui bidang Peternakan akan membina pihaknya pada kelompok ternak untuk dapat mengelola limbah ternaknya sendiri dengan cara mengolah menjadi bahan pupuk organik, sehingga saling dapat di mamfaatkan oleh petani itu sendiri.

Menyoal 90 proposal saat ini’ pihak dinas tetap akan memperjuangkan untuk mengusulkan kedepan, baik itu ke Pusat, Provinsi dan Daerah nantinya pada anggaran selanjutnya. Hanya saja, juga akan mencoba mengusulkan melalui program Comudity Sosial Respolity ( CSR ) yang berdekatan kelompok tani peternaknya dengan perusahaan. Karena ada salah satu kelompok tani asal dari Desa Tani Makmur, pihaknya akan mengajukan pengajuan bantuan ternak ke PT.Inecda Platation Group PT. Samsung melalui rekomondasi dinas terkait nantinya.”pungkasnya. (Kusjul)

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini