|

NUSANTARA SOLUSI BAGI PERSOALAN DUNIA

Jacob Ereste 

Media Nasional Obor Keadilan | Sambung Rasa Nasional Raja Ratu Sultan dan Pemangku Adat se nusantara yang berlangsung di Rejang Lebong, 30 Maret - 1 April 2018 berhasil merumuskan 8 Jejak Langkah.

Diantara delapan jejak langkah itu ungkap Shri Lalu Gde Pharma adalah (1) Menyusun Perpres UU desa yang sesuai dengan inspirasi desa adat dan masyarakat adat.

Berikutnta (2) Memberikan masukan  substantif atas RUU adat, agar dapat mengakomodasi seluruh muatan makrifat Adat Nusantara.

Kemudian (3). Mengusulkan UU Perlindungan Keraton, dan undang undang lain yang dianggap vital oleh masyarakat adat dan keraton.

Kecuali itu, (4) Menetapkan tangal 31 Maret sebagai hari Kemakmuran Dunia, sebagai fase penting, bagi upaya mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Kemakmuran Dunia.

Khusus untuk masyarakat Tempatan direkomendasikan juga (5) Pemahaman terhadap Rejang Lebong adalah Swarna Dwipa  ( pulau emas) Bumi Sriwijaya, dan sekaligus mengukuhkan Rejang Lebong sebagai ibu dari Keluhuran Bangsa.

Sedangkan catatan Penting berikutnya adalah (6) segera  menyusun rancangan skenario Indonesia masa depan. Dan (7) Menyepakati  komitmen kepemimpinan adat untuk menjadi bagian penting  kepemimpinan nasional.

Yang tidak kalah penting dari semuanya itu, kata Sekretaris Eksejutif Assosiasi Kerajaan dan Kraton se Indonesia (AKKI) adalah (8) Membuat gerakan internasional untuk menjadikan Nusantara sebagai solusi bagi berbagai persoalan dunia, dengan membangun inisiatif United Nations of Wisdom(UNW).

Langkah jejak ini tandas Shri | Gde Pharma selanjutnya akan mempersiapkan seluruh dokumen relevant, naskah akademis, Draft Rancangan,  Draft Skenario, dan dokumen yang mendukung pelaksanaan program, sehingga Indonesia dapat menjadi pusat kemakmuran dunia. [ Jacob Ereste ]

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab : Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini