HEADLINE

Di Manggarai Timur NTT Dukun Bayi Membantu Persalinan, Ibu Bayi Meninggal , Ini Kata Kadinkes dr.Surip Tintin

/

Redaksi / Kamis, 29 Maret 2018 / 15:23 WIB

Sebarkan:
Ket Gambar : Kadis Kesehatan Manggarai Timur , Dr. Surip Tintin. 

Borong–Manggarai Timur | MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN |Terkait meninggalnya salah satu warga sere kelurahan tana rata Kecamatan Kota Komba Manggarai Timur selasa subuh  ( 27/03), Kadis kesehatan matim dr.surip tintin menegaskan kepada dukun bayi untuk tidak  membantu proses persalinan.

Kepada media melalui pesan whatsup dr. Surip tintin menjawab :
Info yang di terima dari kepala puskesmas Waelengga benar yang bersangkutan  Nama (GT) umur 36 thn. melahirkan dan  ditolong dukun bersalin di rumah ibunya.

Pasien mengalami Perdarahan berat,dan plasentanya belum  keluar, kemudian kader / dukun persalinan melapor pada  bidan, dan  mobil  jemputan datang lalu pasien dihantar ke pustu watunggong sere keluarahan tana rata, bidan setempat melakukan pertolongan tapi keadaan  pasien sudah drop, beberapa kali dilakukan pemasangan Infus pun  tdk berhasil karena  vena pasien  sudah kolaps.

tindakan selanjutnya pasien di rujuk ke puskesmas borong  tapi sampai di pintu gerbang pasien tersebut sudah tidak tettolong lagi dan meninggal dunia, jelas surip.

( vena kolaps = Pembuluh darah Kempis alkibat pendarahan berat- red).

“Passion harus bersalin di fasilitas kesehatan agar jika  terjadi masalah bisa ditangani cepat, bukan bersalin d rumah' apalg ditolong dukun ”Dukun bersalin adalah mitra petugas kesehatan seperti kader tetapi tidak boleh menolong persalinan, sebab sudah banyak bidan terlatih yang tersebar di Manggarai Timur tegas surip “.

Surip juga menghimbau kepada keluarga untuk tidak membawa ibu yang akan bersalin ke dukun, melainkan ke tenaga medis atau bidan terlatih yang sudah tersedia dan siap melayani,” Jika ada ibu yang  panggil dukun, seharusnya dukun kontak pustu / puskesmas atau bidan terdekat“ujar surip .

Ketika di tanya terkait  penambahan faskes ( fasilitas Kesehatan-red), di pustu serta  penambahan dokter dalam rangka meminimalisir angka kematian ibu dan Bayi , menurut surip “ Dinas Kesehatan Manggarai Timur sudah dan sedang mencari tenaga  dokter PTT terutama putta daerah untuk di tempatkan di beberapa puskesmas di Manggarai Timur.

saat ini tenagq dokter masih langkah dan kami masih sangat membutuhkan kata Surip ”.

Selain itu menurut  surip “untuk mengurangi angka kematian Ibu dan bayi, banyak hal yang harus diperbaiki oleh Dinas Kesehatan Matim, antara lain: Kesiapan SDM, sarana prasarana, fasilitas kesehatan, juga masyarakat nya. [ Louis ]

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab : Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082230993121

KOMENTAR
TERKINI