HEADLINE

TAMAN NASIONAL KOMODO KEAJAIBAN BARU TEMPAT WISATA KELAS DUNIA

By: Louis Mindjo / Info. BTNK

                ■Taman Nasional Komodo■


 Media Nasional Obor keadilan | Awalnya saya berpikir kalau taman nasional ini hanya ada di pulau komodo. Ternyata tidak. Area yang masuk dalam reservasi alam ini sangat luas.

Tak hanya pulau Komodo, pulau Rinca dan pulau Padar juga masuk ke dalam area konservasi alam ini. Untuk menuju ke kawasan taman nasional ini, Saat ini maskapai penerbangan membuka route perjalanan Jakarta - Denpasar- Labuan Bajo anda harus menuju ke Labuan Bajo ,Flores, Nusa Tenggara Timur atau  bisa juga melalui pulau sumbawa Nusa Tenggara Barat menuju  Bima - Sape. Dari situ baru menuju ke Labuan Bajo menggunakan feri penyeberangan ASDP menuju Labuan Bajo dan masuk kawasan taman nasional komodo.

Taman Nasional ini ditetapkan pada tahun 1991 dengan Luas 1.733 Km2 dan dikelola langsung oleh Kementerian Kehutanan Republik Indonesia. Taman Nasional yang memiliki 29 Pulau. 3 Pulau Besar diantaranya Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca bersama dengan 26 Pulau yang lebih kecil lainnya.
Taman Nasional Komodo mweupakan salah satu Taman Nasional yang ada di Indonesia yang terletak di Kepulauan Sunda di wilayah perbatasan antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Tempat reservasi alam ini digunakan untuk melindungi komodo, satwa purba yang eksotis di Indonesia. Tak hanya itu, Taman nasional ini memiliki panorama super indah. Wajar saja jika sekarang tempat ini mulai banyak di lirik wisatawan domestik.

Awalnya, Taman nasional komodo ditujukan untuk melindungi komodo saja. Tapi seiring waktu dikembangkan lebih luas lagi. tempat reservasi alam ini melindungi berbagai satwa dan juga lingkungan alam lainnya, sekaligus menjadi tempat wisata yang direkomendasikan.

Lokasi Taman Nasional Komodo

Taman nasional komodo terletak di antara pulau Sumbawa dan Flores. Berada di perbatasan anatara provinsi Nusa Tenggara Timur dengan Nusa Tenggara Barat.

Sejarah Pulau Komodo

Komodo Pertama kali ditemukan oleh Letnan Steyn van Hens Broek dari Belanda pada tahun 1910.

Komodo  atau lazim disebut dragon, mulai dikenal luas di kalangan biologist dunia tahun 1911 setelah ada laporan dari JKH Van Steyn kepada Peter Ouwens, kurator museum zoologi bogor pada saat itu.

Secara resmi, Taman nasional komodo didirikan pada tahun 1980. Karena keunikannya, mulai dari tahun 1986 kawasan ini juga menjadi salah satu World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve yang ditetapkan oleh UNESCO.

Menjadi 7 Keajaiban Dunia Terbaru

Kawasan Komodo National Park menjadi salah satu  7 keajaiban alam dunia terbaru, dan akhirnya diresmikan pada 13 September 2013.
Banyak di antara kita yang tidak tahu hal ini. Ternyata salah satu dari 7 keajaiban alam dunia sekarang ada di Indonesia,singgah Luar biasa!

Wisata Taman Nasional Komodo

Kita bisa datang dan menikmati tempat wisata taman nasional Komodo. Selain konservasi alam, kawasan ini juga menawarkan pengalaman liburan yang unik. Terletak di sabuk wallacea, kita bisa menemukan gabungan unik dari flora dan fauna yang khas.

Di kalangan diver, perairan sekitar pulau komodo, Padar dan Rinca terkenal memiliki spot menyelam yang indah. Lebih dari 1000 spesies ikan, 260 lebih spesies karang, lumba-lumba, paus, dan juga penyu yang ada di kawasan konservasi komodo ini.

Pulau Komodo
Pulau komodo adalah pulau utama dan terbesar yang ada di kawasan taman nasional komodo. Di pulau komodo anda bisa datang ke Loh Liang yang merupakan daerah wisata utama di pulau Komodo.

Kita bisa melakukan pengamatan kehidupan liar komodo dan satwa lainnya seperti rusa, babi hutan, dan berbagai jenis burung. Selain itu, bisa juga melakukan snorkeling, hiking disekitar kawasan, dan lain sebagainya.

Di Loh Liang juga terdapat pondok wisata, tempat makan dan souvenir, pusat informasi, dan lain sebagainya.

Pantai pink
juga merupakan spot yang banyak dikunjungi wisatawan. Pantai unik ini berwarna pink, karena banyaknya terumbu karang berwarna sama. disebabkan oleh  ombak, sebagian terumbu karang tergerus air dan tercampur dengan pasir pantai. Hasilnya, pantai unik dan indah berwana pink.

Pulau Rinca
Pulau Rinca biasanya jadi tujuan wisatawan. Karena pulaunya yang lebih kecil, disini pengunjung bisa lebih cepat melihat Komodo. Tujuan utama dan gerbang wisata di pulau Rinca ada di di

Loh Buaya.
Sama seperti tempat lainnya, landscape pulau Rinca juga ngga kalah indahnya lho.
Terkadang kedatangan kita di dermaga disambut pemandangan beberapa komodo liar. Tidak jauh dari dermaga, terdapat pos jaga dan konservasi. Kita bisa beli tiket masuk disini, dan trekking menyusuri kawasan dengan dipandu oleh ranger/pawang komodo yang berpengalaman.

Pulau Padar
Kawasan pulau Padar mulai naik daun menjadi destinasi utama di Taman nasional komodo. Wajar aja sih, pemandangan di pulau Padar memang indah banget!

Untuk menikmati keindahan pulau ini secara penuh, anda harus naik ke bukit terlebih dulu. Waktu tempuh kurang lebih 30 menit – 1 jam, tergantung kekuatan tubuh.

Pulau ini memiliki kontur berbukit dan bentuk yang eksotis. Terdapat tiga pantai yang unik; pantai tempat perahu melepas sauh , pantai dengan pasir kehitaman, dan pantai dengan pasir sedikit pink seperti pantai pink di pulau komodo. pantai ini bisa terlihat lepas dari atas puncak bukit.

Selain tempat diatas, beberapa lokasi lain yang juga menarik untuk dikunjungi di kawasan taman nasional komodo dan sekitarnya antara lain; Pulau Kelor, Kampung Wisata Komodo, Gili Laba, Pulau Kalong, Pulau Kanawa, dan pulau lain di sekitarnya.

Taman Nasional Komodo yang merupakan habitat alami dari Hewan yanhg dilindungi yaitu Hewan Komodo yang merupakan hewan langka dan hampir punah menjadi salah satu Icon Wisata di Indonesia dan sangat menarik perhatian dunia.

Sungguh merupakan suatu kebanggaan tersendiri jika kita dapat sampai kesana.

Bawah Laut Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo merupakan Perairan yang masuk dalam triangle Corals atau seigitiga terumbu karang dunia yang didalamnya memiliki 75% Terumbu Karang dunia. Keindahan Pulau Komodo dan sekitarnya yang berupa biota lautnya sangatlah tidak diragukan lagi. Terdapat beragam jenis terumbu karang dan beragam jenis ikan yang dapat kamu temui di Perairan Pulau Komodo. Kamu bahkan bisa menikmatinya dengan snorkling ataupun diving di spot yang telah ditentukan seperti di Pink beach, ataupun Manta Point Pulau Komodo.

AYO... BERWISATA KE KOMODO.....






NUSANTARA
PERISTIWA
VIDEO
BISNIS