|

Pemkab Pelalawan Komit Terapkan SAKIP Mempermudah Aparatur Layani Masyarakat

Ket Foto : Medi Mahendra, M.SI Kabag  Ortal Setda Pemkot  Bandung. 

Pelalawan Riau | Media Nasional | Obor Keadilan | Pemerintah Kabupaten Pelalawan Riau melaksanakan Bimbingan Teknis ( Bimtek ) Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP ) bertempat di Aula Bappeda Pangkalan Kerinci . Jumat (16/03)

Narasumber dalam sosialisasi ini Kepala Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Pemerintahan Setda Kota Bandung  yakni Medi Mahendra Ap SSos MSI, mengatakan  SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosesur yang dirancang untuk tujuan penetapan, pengukuran dan pengklasifikasian kinerja instansi pemerintah, sedangkan akuntabilitas merupakan salah satu asas umum dalam penyelenggaraan negara harus dapat dipertanggungjawabkan hasil akhirnya kepada masyarakat.

Ia menambahkan Pelaksanaan sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) sesuai peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 dengan tujuan untuk memperkuat komitmen pimpinan dan penguatan kapasitas bagi para kepala SKPD karena berkaitan erat dengan pemahaman tanggungjawab termasuk evaluasi kinerja dan capaian kinerja, untuk  mencapai sistem manajemen kinerja melalui tiga aspek yaitu, pemenuhan formalitas, kualitas dan implementasi manajemen atau perbaikan berkelanjutan intinya untuk memperbaiki manajemen di instasi pemerintahan. Sistem management dalam aplikasi E-SAKIP  terdiri dari Dokumen Perencanaan dan Keuangan.

E-Planning akan terintegrasi bila diawal perencanaan sudah berjalan dengan baik. Pejabat di Lingkungan Pemkot Bandung juga mengatakan para  Aparatur Sipil Negara (ASN ) setingkat Kasubbag Program tidak perlu lagi dipusingkan dengan hasil laporan RPJMD dan laporan lainnya, waktu yang dipakai untuk mengintegrasikan pekerjaan ini sangat singkat, mungkin biasanya para kasubbag program bisa melakukan pekerjaan sampai empat bulan, dengan mengapilkasikan SAKIP pekerjaan perencanaan bisa dilakukan dalam waktu satu hari hanya butuh waktu dua jam. Dalam sosialisasi ini dipaparkan juga pengaplikasian Sistem Informasi yang terintegrasi dengan E-SAKIP. Pengaplikasian E-SAKIP yang terintegrasi ini merubah pola Kebiasaan ASN agar memiliki kinerja yang terukur dan dapat dipertanggungjawabkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu Bupati Pelalawan H.M.Harris menyambut baik dilaksanakannya sosialisasi ini, hal ini patut didorong dengan  semangat para ASN melalui penerapan E-SAKIP mencegah ASN dari masalah hukum, bisa mempertanggungjawabkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat, informasi yang bersifat terbuka sehingga ASN bisa berbicara kepada khayalak ramai berdasarkan fakta dan aturan.

Bupati Pelalawan dua periode ini berharap kemauan dan kemampuan para ASN terus diasah didalam mengolah aplikasi ini dan pada dasarnya Pemkab Pelalawan berkomitmen melaksanakan E – SAKIP dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Mantan Ketua DPRD Pelalawan ini meminta Kepala OPD,Para Camat,Pejabat Eselon III dan IV serta ASN di bidang atau subbag program untuk serius mengikuti sosialisasi yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 16 s.d 17 Maret 2018.Bupati Harris langsung menginstruksikan Sekda Tengku Mukhlis mengabsensi peserta satu persatu sampai kegiatan ini selesai.

“ Pemkab Pelalawan komit untuk melaksanakan E- SAKIP , seluruh peserta ikuti kegiatan ini dengan baik sampai selesai, pak sekda absensi peserta satu persatu nanti sampai kegiatan ini selesai.” Ungkap Bupati Harris.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati H.Zardewan,Sekda Tengku Mukhlis,Narasumber dari Pemkot Bandung Medi Mahendra Ap SSos MSI dan Rahadyan,SE,Kepala Bappeda M.Syahrul Syarif berserta Kepala OPD lainnya ,Pejabat Eselon III dan IV dilingkungan Pemkab Pelalawan, para ASN di Bagian perencanaan.[ M. Panjaitan ]

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab : Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini